Wednesday, September 5, 2012

Laptop Murah dari Asus Seri Asus X401U

By
Sekarang banyak bermunculan laptop murah namun yang harganya kisaran 3 jutaan biasanya seri netbook untuk  laptop harga kisarn 3 juta selain laptop keluaran lokal juga ada pilihan baru yaitu Asus X401U.

Asus bekerjasama dengan perusahaan AMD mendukung performa komputer jinjing ini  Tipe X401U

Tampilan
Sepintas penampakan laptop Asus X401U ini adalah terkesan biasa saja.  Tidak ada sentuhan yang berbeda dengan laptop pesaing lainya, walaupun tidak juga dibilang jelek. Dengan warna  hitam glossy yang dibalut bahan plastik membuat kesan kurang bersih, sehingga sering menimbulkan jejak tangan di bodinya.



Komputer jinjing  ini dibuat minimalis, walaupun menyediakan jumlah  port  beragam oleh pengguna, tapi dirasa masih terlalu sedikit.  Hanya tersedia 1 port USB di bagian sisi kiri, hal ini menambah kekurangan laptop ini.  Dengan tidak adanya ruang pemutar DVD membuat lapotop ini dari sisi aksesbilitas dirasa kurang memuaskan.



Selain port USB, juga ada koneksi internet, card reader, VGA Out dan port HDMI. Port-port tersebut tersebar mengelilingi bagian sisi kanan dan kiri laptop ini.



Papan ketik dan LCD
Pada bagian untuk input data atau mengetik. toooth papan ketik atau keyboard yang disediakan lumayan nyaman dengan space cukup luas. namun demikian terdapat kekuarangan yaitu keyboard terasa keras.  Apabila digunakan untuk mengetik, pencetan tiap hurufnya tidak empuk dan mulus. Sehingga terjadi huruf yang kurang dalam mengetik karena tombol hurufnya sering nyangkut atau tidak menekan dengan sempurna.

Touchpad yang tersedia memang bagus, walaupun tombol touchpad terkadang tidak bereaksi dengan lugas. Alhasil, agak mengganggu pekerjaan bila menggunakan laptop tanpa bantuan mouse.



Mengenai LCD, Asus X401U ini menggunakan LCD  ukuran 14 Inch HD (1366 x 768). Tampilan screen yang cukup lega untuk melakukan beberapa pekerjaan dan fungsi multimedia.

Video graphis tak diragukan lagi kemampuanya dengan dukungan grafis Radeon HD 6290 mampu memutar film kelas berat kualitas HD 1080p. Anda dapat memutar filem kesanganyan anda tanpa gangguan.



Kecepatan Processor
Setimpal dengan bandrol harganya kecepatan yang didapatkan lumayan bagus, prosesor APU dari AMD berkekuatan dual-core C-60 1GHz plus RAM 2GB DDR3 cukup menunjang dalam melakukan berbagai pekerjaan yang tidak membutuhkan performa tinggi.  Kapasitas penympan data atau hardisk dimulai dengan kapasitas HDD 320 GB.

Untuk posisi booting dan shut down pun cukup cepat. Apalagi Asus mempunyai fitur 'Instant On' yang menyalakan laptop hanya dua detik dari posisi sleep.

Fitur unggulan lainnya adalah Ice Cool, yang mampu membuat notebook  ini tidak gampang panas sehingga nyaman saat laptop dipangku. Ini karena pembuangan panas terdapat di sisi kiri bagian laptop. Tapi tidak menimbulkan suara yang berisik.

Daya tahan baterainya juga tidak terlalu buruk.  Dengan mengisi batarai dalam keadaan full,kemudian  dibuat bekerja sekaligus berinternet ria  dengan WiFi, daya tahan baterainya hanya sanggup bertahan sekitar 3 jam. Artinya, selalu siapkan charger laptop ini di dalam tas Anda.

Overalll
Dengan bandrol sekitar 3 jt an  relative terjangkau untuk konsumen dengan budget minimum, performa Asus X410U tidak terlalu istimewa tapi sudah cukup hanya untuk pekerjaan seperti mengetik dan presentasi. Jumla port yang sedikit anda perlu menambahan eksternal USB port untuk mendukung pekerjaan anda kalau tidak akan kerepotan colok cabut mouse..




Sumber : detiknet.com

Kategori